24 April 2008

GAMUT WARNA

Pada postingan kali ini , saya tuliskan sedikit tentang GAMUT WARNA. Apa itu Gamut Warna atau sering juga disebut Colorspace ? . Gamut Warna adalah batasan warna yang mampu dihasilkan oleh suatu alat. Masing-masing mode warna RGB dan CMYK punya batasan warna (Gamut) yang berbeda. Itulah sebabnya mengapa image yang menggunakan mode RGB setelah dikonversi (istilah-e ketinggian mas…..)ke CMYK akn sedikit berubah. Sebab Gamut CMYK lebih rendah disbanding mode RGB. Nilai Gamut (besar/kecil) akan menentukan perbedaan warna pada peralatan. Sebagai contoh monitor yang menggunakan mode warna RGB, sementara mesin cetak menggunakan Mode CMYK atau Printer yang menggunakan RGB, dll masih banyak…. Kalau diketik disini semua… ntar kayak iklan+capek.

Besar kecilnya Gamut bias diketahui dengan menggunakan software color management. Sama-sama menggunakan mode warna RGB, peralatan satu dengan yang lainnya akan mempunyai gamut warna yang berbeda. Begitu masss…. Sedikit tentang Gamut warna, semoga manfaat …… (kangharris dari berbagai sumber)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

untuk mengatasi Gamut Warna menurut penulis solusinya adalah Monitor menggunakan IC Warna RBG maka printernya harus menggunakan teknoligi RGB juga sehingga hasilnya bisa singkron. atau mendekati sama. atau sebaliknya Monitor menggunakan IC CMYK (Tapi belum ada kayanya).

delpriyo mengatakan...

thanks mas bro infonya... :D