13 Mei 2008

Membuat Background Warna yang Aman

Pada posting kali ini, sedikit mengenai background color untuk isi buku. Agar lebih aman, background color untuk isi buku dibuat 3 warna , tanpa warna black. Hal ini dimaksudkan agar nantinya jika ada revisi pada teks isi buku yang merupakan warna black (hitam), tidak perlu mengganti film background, sehingga dapat menekan biaya dan waktu. Background dengan 3 warna memang sedikit kurang dalam hal tampilan warna, tetapi hal ini dapat diakali dengan kreatifitas sang desainer dalam mendesain. Langkah-langkahnya (dengan menggunakan Photoshop) :

  1. Open Desain background CMYK yang sudah dalam format Tiff.
  2. Aktifkan menu Channels yang berada disamping menu Layers
  3. Sehingga akan muncul menu CMYK, Cyan, Magenta, Yellow, Black
  4. Klik kotak kecil ber gambar mata pada warna Black, sehingga gambar mata tidak tampak
  5. Kemudian Save
  6. Selesai
Setelah beckground tanpa Black, maka bisa digabung dengan teks isi buku yang berwarna hitam, biasanya pakai program pagemaker atu coreldraw. Pada saat melakukan proses film pada settingan ke imagesetter harus di Over print black, sehingga nanti hasil film, warna Black (teks pada isi buku) akan terpisah dengan ketiga warna lainnya, dengan kata lain ketiga warna (cyan, magenta, yellow) tidak terdapat teks yang berupa bentuk tulisan tanpa raster.

1 komentar:

adifajar mengatakan...

ulasan yg menarik, bagaimana jika kita menindai warna black dengan overprint di pagemaker mas..? apa bisa juga diterapkan seperti di coreldraw ?
salam kenal..
silahkan baca artikel saya

adobepagemaker vs adobeinDesign

http://adifajar.blogspot.com/2008/04/adobe-pagemaker-vs-adobe-indesign.html'