31 Oktober 2008

Materi Desain Grafis pada Percetakan (1)

Untuk membuat desain grafis yang berkualitas untuk konsumsi cetak, maka data dan materi merupakan factor yang sangat penting. Ada beberapa data dan materi desain di antaranya:

1. UKURAN

Pada suatu karya desain yang ditujukan untuk konsumsi cetak, ukuran yang pasti (final) akan sangat membantu proses proses desain selanjutnya, sebab penggantian ukuran dari sebuah desain ,akan merubah desain itu sendiri baik sebagian atau seluruhnya. Yang sudah barang tentu akan menambah waktu pengerjaan. Jika desain tersebut terdapat halaman isinya seperti buku, maka perubahan ikuran akan merubah layout isi buku dan sudah pasti akan menghambat proses selanjutnya. Sehingga kepastian ukuran dari klien sangat mendukung kelancaran proses desain.

2. WARNA

Warna disini bukan mode warna yang dipakai, akan tetapi warna yang diminta klien. Perlu diketahui bahwa dalam sebuah karya desain yang ditujukan untuk konsumsi cetak, dikenal istilah 1 (satu) warna, 2 (dua) warna, 3 (tiga) warna dan Sparasi (fullcolor). Untuk desain dengan menggunakan 1,2 atau 3 warna, Klien biasannya menghendaki dengan warna tertentu. Untuk warna ini sebaiknya menggunakan panduan warna (color guide) sebagai acuan/contoh warna oleh operator cetak pada saat proses pencampuran tinta cetak. Sedangkan untuk desain dengan sparasi warna (full color), klien biasanya menghendaki desain dengan warna dominan. Masukan dari klien tentang warna yang dikehendaki sangat membantu proses desain seperti sesuai keinginan klien. (bersambung, semoga .....)

Tidak ada komentar: