08 Mei 2008

Mengubah Mode Warna RGB ke CMYK pada Fills dan Outline

Beberapa waktu yang lalu,sudah aku tulis tentang mengubah mode warna RGB menjadi mode warna CMYK pada gambar Bitmaps menggunakan program Corel Draw X3. Nah … pada tulisan kali ini akan aku bahas ( walah …bahasannya mas….. kayak dosen aja…) bagaimana mengubah mode warna RGB menjadi CMYK pada Fill dan Outline di suatu karya desain grafis yang ditujukkan untuk konsumsi cetak. Pada suatu karya desain , kadang menggunakan Fill atu outline hasil import dari program lain yang masih RGB, dan dalam satu karya jika kita lihat di document info, terdapat lebih dari satu atau lebih fill dan outline yang mode RGB, bahkan kadang ratusan, lebih… (kaya’ iklan ….. ). Kalau kita mau merubah satu per satu pasti kelamaan …. Keburu bubar evennya kalau itu karya desain Poster suatu even . Ada beberapa langkah untuk merubah Fill dan Outline dari yang RGB menjadi CMYK dengan program Corel Draw X3 :

  1. Klik menu Edit pada menubar.
  2. Pilih Find and Raplece sampai muncul pilihan disampingnya.
  3. Klik Raplece Objects …. , maka akan muncul window Raplece Wizard
  4. Kemudian pilih Raplece a color model or palette dan klik next
  5. Tandai pada Find a color model, lalu pilih mode warna RGB disampingnya dengan klik tanda segitiga dan menggeser scroll bar, lalu klik mode RGB.
  6. Ke bawah …. Pada pilihan Raplece with the color model, pilih CMYK
  7. Dibawahnya, pada Raplece colors used us: Pilih Fill jika yang mau dirubah Fill nya, atau pilih outline jika yang mau dirubah outlinenya.
  8. Untuk tiga kotak dibawahnya kasih centang semua, lalu klik Finish.
  9. Setelah muncul menu Find and Raplece: menu Find Next untuk mencari Fill atau Outline RGB satu per satu, Find All untuk mencari Fill atau Outline secara keseluruhan, Raplece untuk merubah Fill atau Outline RGB ke CMYK satu per satu, Raplece All untuk merubah Fill atau outline RGB ke CMYK secara Keseluruhan otomatis.
  10. Selesai
Begitu mas…. Khususnya mas.. yang kirim ke Email ku…. Semoga manfaat….

2 komentar:

dras stiker mengatakan...

sangat bermanfaat pak,.. terima kasih byk,.. aq lg butuh,.. salam kenal ya pak

noerfaz mengatakan...

terima kasih..
sungguh sangat sangat bermanfaat..
good job :)))))))