14 Juni 2008

DOT GAIN pada Percetakan

Dalam dunia percetakan kita mengenal istilah DOT GAIN, Dot Gain jika tidak terkontrol atau ukuranya melebihi toleransi akan berpengruh pada kualitas hasil cetakkan. Ukuran Dot Gain diusahakan maksimal tidak lebih dari 20%, untuk menjaga kwalitas hasil cetakan. Walaupun untuk percetakan yang belum menggunakan alat-alat standart percetakan yang lengkap, hal itu agak sulit dipenuhi. Sebab untuk menjaga agar Dot gain konsisten sampai akhir proses cetak diperlukan alat dan komponen proses cetak yang memenuhi dan juga control yang ketat dari sumber daya manusianya. Apa itu DOT GAIN ? DOT GAIN adalah pembesaran ukuran halftone dot atau bisa dikatakan perbedaan ukuran halftone dot antara pada negative film dengan hasil cetakan pada media kertas. Setiap tahap proses pencetakan mulai dari proses film, ke proses plate, sampai proses pada mesin cetak, akan menyumbang terjadinya dot gain. Sehingga pengawasan yang maksimal pada masing-masing proses akan dapat mengontrol DOT GAIN agar tetap pada batas toleransi. Tidak semua dot mengalami pembesaran ukuran sama besar. Pembesaran paling tinggi terjadi pada mid tone (bisa sampai 50%) kalau lebih dari itu, maka sisi luar dot akan saling bersentuhan. Dot gain lebih kelihatan perubahan ukurannya pada raster yang semakin tipis.

Pada saat proses pembuatan film kemudia proses film ke plate juga sering terjadi Dot gain, waktu film bersentuhan dengan permukaan plate haruslah dikontrol sebab pada saat itu akan terjadi Dot gain yang idealnya tidak boleh lebih dari 5%. Pada proses selanjutnya yaitu proses cetak, juga menyumbang pembesaran ukuran dot. Saat tinta berpindah dari plate ke permukaan blanket kemudian dari blanket ke permukaan kertas akan terjadi tekanan yang bisa memperbesar ukuran Dot gain.

Untuk ketebalan tinta sangat penting untuk diperhatikan ,sebab ketebalan tinta sangat riskan dalam menyumbang bertambahnya ukuran Dot gain. Sehingga control yang maksimal akan dapat menjaga agar Dot gain tetap dalam batas toleransi sampai pada akhir proses cetak. Untuk Desainer Grafis, pada waktu membuat karya desain agar diperhatikan untuk proses selanjutnya, mungkin dalam menggunakan raster , atau efek-efek pada karya desainnya disesuaikan dengan kemampuan alat-alat yang digunakan untuk proses selanjutnya. Udah dulu…. Ya… itu sedikit tentang DOT GAIN dalam dunia percetakan,…semoga manfaat. Kritik serta saran,… bisa ke harrisstudioten.blogspot.com atau harris_jogja@yahoo.com. Tak tunggu..

3 komentar:

Anonim mengatakan...

kamu keren!
wah lakok jenenge podo mas?hehe

halo aq harris
wong klaten juga seorang desainer
wah pengen juga tuh punya blog tapi malas ngetiknya haha
tapi punya friendster

harris_mordor@yahoo.com

percetakan mengatakan...

iya mas, dot gain itu memang susah, mesti teliti ngeliat hasil cetak, mending kalo pake mesin 4 warna, bisa langsung terlihat. kalo pake mesin 1 warna buat cetak sparasi agak susah ngeliatnya.
biasanya sih di blanket yg udah jelek, sering banget dot gain.

Andhika Hadi Pratama mengatakan...

kalo Dot Loss mas itu kebalikan dari Dot gain ya mas? itu faktor terjadinya dot loss itu kenapa ya terus cara penanggulangannya gimana? terima kasih tolong di balas ya