05 Juni 2008

Mode Warna HSB/HSL

Untuk pembahasan tentang mode warna, pada postingan kali ini sampai pada mode warna yang ke tiga yaitu mode warna HSB color model. Model warna HSB ter diridari bagian; Hue (H), Saturation (S), Brightness (B).

Pengertian Hue merupakan karakteristik warna berdasar cahaya yang dipantulkan oleh objek, dalam warna dilihat dari ukurannya mengikuti tingkatan 0 sampai 359. Sebagai contoh, pada tingkat 0 adalah warna Merah, 60 adalah warna Kuning, untuk warna Hijau pada tingkatan 120, sedangkan pada 180 adalah warna Cyan. Untuk tingkat 240 merupakan warna Biru, serta 300 adalah warna Magenta.

Saturation/Chroma adalah tingkatan warna berdasarkan ketajamannya berfungsi untuk mendefinisikan warna suatu objek cenderung murni atau cenderung kotor (gray). Saturation mengikuti persentase yang berkisar dari 0% sampai 100% sebagai warna paling tajam.

Brightness adalah tingkatan warna berdasarkan pencampuran dengan unsure warna Putih sebagai unsure warna yang memunculkan kesan warna terang atau gelap. Nilai koreksi warna pada Brightness/Lightness berkisar antara 0 untuk warna paling gelap dan 100 untuk warna paling terang.

Untuk model warna HSB ini biasanya digunakan pada saat sang desainer ingin memodifikasi warna dari warna asli image . dalam memodifikasi warna bisa menggunakan program photoshop atau yang lain, akan tetapi hati-hati, sebab warna hasil modifikasi kadang yang tampak dimonitor akan lain dengan hasil cetakan. Atau dalam proses film untuk warna yang mengandung raster tipis akan bermasalah, jadi sesuaikan dengan kemampuan imagesetter. Pada program Photoshop, Hue/Saturation/Lightness biasa dipakai untuk membuat efek gambar menjadi satu warna.

Masih banyak lagi model warna yang dikenal dalam dunia pewarnaan, tetapi yang biasa dipakai dalam dunia Reproduksi Grafika adalah model warna RGB, CMYK dan HSB/HSL. Tetapi tidak menutup kamungkinan untuk kasus-kasus tertentu seorang desainer grafis, operator cetak atau artworker yang lain menggunakan model warna selain yang tiga diatas. Udah… akhirnya selesai juga tulisan mengenai model warna, semoga yang sedikit ini bermanfaat, kritik dan saran bisa ke blogku, atau kesini, bisa juga kesitu, …….. matur nuwun.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks mas

Unknown mengatakan...

thanks mas